Babinsa Bantu Proses Penyiangan Tanaman Padi

Kodim Sragen –  Babinsa Bantu Proses Penyiangan Tanaman Padi

Tumbuhnya gulma di areal pertanian akan sangat mengganggu pertumbuhan tanaman, sehingga apabila tidak segera ditanggulangi akan berdampak pada rendahnya kualitas hasil padi yang diusahakan. Pada tanaman padi sawah, gulma biasanya akan tumbuh subur bersamaan dengan tumbuhnya padi. 

Gulma padi sawah memiliki jenis dan karakteristik tersendiri, ada gulma yang mudah dikendalikan dan ada gulma yang susah dikendalikan. 

Seperti halnya yang dilakukan Serka Rudi Hartono Babinsa Desa Dawung anggota Koramil 08/Sambirejo Kodim 0725/Sragen membantu penyiangan rumput pada tanaman padi di sawah milik Bapak Sudarno Dk. Nangsri Rt. 24 Ds. Dawung Kec. Sambirejo, Rabu ( 19/04/2023 )

Menurut Babinsa gulma ataupun rumput liar menjadi salah satu kendala petani padi memperoleh hasil panen maksimal.  Keberadaan gulma mengganggu tanaman padi pada masa pertumbuhan. Sehingga petani perlu melakukan penyiangan ataupun penyemprotan dengan pestisida.

“Rumput di sekeliling tanaman padi jika dibiarkan akan mengganggu kesuburan padi bahkan lama kelamaan rumput akan menutupi tanaman padi, yang akhirnya akan membuat padi menjadi kurang sehat dan bahkan bisa mati. Untuk itulah diperlukan proses penyiangan rumput agar tanaman padi bisa tumbuh subur,”ucap Serka Rudi.

Bp. Sudarno Selaku pemilik lahan mengucapkan terima kasih kepada Babinsa yang telah bersedia mendampingi proses penyiangan tanaman padi, sehingga para petani khususnya  Desa Dawung  mendapatkan pelajaran tentang bagaimana cara merawat dan menanam padi dengan benar. Ia berharap dengan adanya pendampingan seperti ini, akan menghasilkan panen sesuai dengan yang diharapkan dan memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *