Blusukan ke Pasar, Babinsa Pantau Kestabilan Harga Sembako

 Kodim sragenBlusukan ke Pasar, Babinsa Pantau Kestabilan Harga Sembako

Dalam upaya untuk menjaga stabilitas harga sembako khususnya di wilayah binaan, Sertu Sumanto Babinsa Desa Jeruk Koramil 16/Miri Kodim 0725/Sragen melaksanakan Pemantauan harga bahan pokok/sembako kebutuhan warga Desa Jeruk  di Pasar Dungdang di Kios Ibu Kartini Dk Dungdang RT 02 Desa Jeruk Kec.Miri, Jum’at ( 26/01/2024 ).

Dalam peninjauan tersebut, Sertu Sumanto memeriksa harga berbagai produk sembako seperti beras, gula, minyak goreng, telur, dan bahan makanan pokok lainnya. Dia juga berinteraksi dengan pedagang dan warga setempat untuk mendapatkan informasi terkait perubahan harga dan ketersediaan barang.

Selain pemantauan harga, Babinsa juga berperan dalam memediasi hubungan antara pedagang dan konsumen dalam memfasilitasi komunikasi yang efektif sehingga tidak ada praktik penimbunan atau penyelewengan harga yang merugikan masyarakat.

“Untuk itu, babinsa harus sering melakukan patroli di pasar-pasar tradisional, untuk pemantauan harga sembako yang merupakan kebutuhan sehari – hari masyarakat. Upaya ini dalam menjaga harga sembako yang merupakan kebutuhan dasar bagi masyarakat,” jelasnya. 

Karena itu, kata Sertu Sumanto, peran Babinsa dalam memantau harga sembako di pasar adalah kontribusi berharga dalam memastikan masyarakat memiliki akses terhadap bahan-bahan pokok yang diperlukan untuk kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *