Babinsa Edukasi Masyarakat Soal Bahaya Petasan

Kodim Sragen –  Babinsa Edukasi Masyarakat Soal Bahaya Petasan 

Demi menjaga kekhusukan selama bulan suci Ramadhan 1444 H dan mencegah terjadinya gangguan kamtibmas yang diakibatkan dari bermain petasan di tengah masyarakat, Koramil 06/Gondang Kodim 0725/Sragen melalui Babinsa Desa Glonggong Serda Tri Hartono melakukan edukasi tentang bahaya bermain petasan dan kembang api, Rabu ( 19/04/2023 )

Petasan dan kembang api adalah bahan peledak yang umum digunakan pada acara-acara perayaan, seperti tahun baru, hari Raya, atau acara perayaan lainnya. Namun, kebanyakan orang tidak menyadari bahaya yang dihadirkan oleh penggunaan petasan dan kembang api.

Petasan dan kembang api dapat membakar rumah atau bangunan dan menimbulkan kebakaran. Bahan peledak ini sering kali digunakan di dekat bangunan atau bahan yang mudah terbakar, seperti rumput kering, dedaunan atau bahkan bahan bangunan yang terbuat dari kayu. Selain itu, bahan peledak juga dapat memicu ledakan dan mengeluarkan api yang dapat memicu kebakaran yang mematikan.

Serda Tri Hartono menghimbau warga desa Glonggong agar selalu mengingatkan anak – anak untuk tidak bermain petasan karena bisa membahayakan diri sendiri maupun orang lain.  Selain bahaya kebakaran, penggunaan petasan dan kembang api juga dapat menimbulkan bahaya kesehatan. 

“ Bahan peledak mengeluarkan gas beracun yang dapat memicu masalah pernapasan dan masalah kesehatan lainnya. Jika terhirup, gas beracun tersebut dapat merusak paru-paru dan organ lainnya, yang dapat mengakibatkan masalah kesehatan serius “ pungkas Babinsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *