Babinsa Kalimacan : Waspada Penyakit di Musim Hujan

Kodim SragenBabinsa Kalimacan : Waspada Penyakit di Musim Hujan

Musim penghujan kewaspadaan banyak hal yang mesti dilakukan setiap orang. Biasanya, saat musim pengujan apa lagi disertai petir dan angin kencang pohon tinggi, ranting akan patah bahkan tidak sedikit yang tumbang.

Dengan kondisi semacam ini, Serda Supriyanto Babinsa Ds.Kalimacan Koramil 18/Kalijambe Kodim 0725/Sragen melaksanakan Komsos dengan warga Dk.Kaliwuni Rt.07 Ds.Kalimacan Kec.Kalijambe, Senin ( 08/01/2024 )

Pada kesempatan tersebut, Babinsa Serda Supriyanto mengatakan bahwa curah hujan yang memiliki intensitas tinggi dapat menyebabkan terjadinya banjir. Banyaknya genangan air, hawa dingin, serta melakukan kontak dengan orang atau benda yang telah terkontaminasi virus juga dapat membuat  tertular penyakit di musim hujan.

“ Musim hujan adalah musim saat beberapa penyakit dapat dengan mudah ditularkan. Untuk melindungi diri dari penyakit yang tidak diinginkan, sebaiknya perlu untuk mengenal jenis penyakit yang biasanya muncul di musim hujan “ kata Babinsa.

Salah satu penyakit yang perlu diwaspadai adalah Demam Berdarah, Penyakit ini disebabkan oleh nyamuk Aedes yang menyukai air dan kelembapan. Tahap pertama dari gejala demam berdarah adalah 2-7 hari demam dan nyeri otot. Setelah itu, demam akan turun. Tangan dan kaki akan menjadi dingin. Syok dapat terjadi pada beberapa orang yang mengidap kondisi ini.

Menurut Supriyanto, Sebagai langkah pencegahan, kita bisa menghindari daerah yang penuh nyamuk, gunakan obat nyamuk, dan tidur dalam kelambu. Di musim hujan, kita juga perlu menjaga kesehatan dengan cukup tidur, konsumsi makanan sehat, berolahraga secara teratur untuk melindungi diri dalam jangka panjang. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *