Babinsa Karangjati memberikan langkah-langkah pencegahannya penyakit di musim kemarau, seperti apa?

Kodim SragenBabinsa Karangjati memberikan langkah-langkah pencegahannya penyakit di musim kemarau, seperti apa?

Sertu Zuhud Fauzi Babinsa Desa Karangjati Koramil 18/Kalijambe Kodim 0725/Sragen melaksanakan komunikasi sosial dengan warga Dk. Jatisari RT. 19, Ds. Karangjati Kec. Kalijambe, Kamis ( 12/10/2023 ).

Sertu Zuhud menyebut ada tiga penyakit yang menjangkiti masyarakat selama musim kemarau, salah satunya adalah (infeksi saluran pernapasan akut) ISPA. Untuk itu  Babinsa memberikan langkah-langkah pencegahannya.

Zuhud mengatakan, bahwa musim kemarau menimbulkan beberapa penyakit di kalangan masyarakat. Menurutnya, ada tiga penyakit yang berpotensi menjangkiti masyarakat selama musim kemarau.

“Pertama, penyakit yang berhubungan dengan saluran pernapasan, jadi ISPA. Mungkin sekarang cukup banyak yang kena ISPA tapi kategori ringan dan tidak perlu mendapat perawatan di rumah sakit,” katanya.

Kedua, kata Zuhud  adalah penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Pasalnya, saat musim kemarau suplay air terhadap masyarakat berkurang.

“Jadi mungkin karena airnya tidak terlalu banyak terus masyarakat juga menggunakan air yang kurang bersih. Nah, ini yang berpotensi terjadinya penyakit-penyakit yang mengganggu saluran pencernaan,” ujarnya.

Sedangkan yang ketiga, menurut Zuhud  adalah penyakit iritasi mata. Mengingat saat musim kemarau banyak debu-debu yang bertebaran.

“Kemudian penyakit mata juga, karena banyak debu yang berterbangan sehingga berpotensi juga ke sana,” tambah Zuhud.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *