Babinsa Pinta Warga Waspada Musim Pancaroba

Kodim SragenBabinsa Pinta Warga Waspada Musim Pancaroba

Secara umum sebagian besar wilayah Indonesia akan memasuki pancaroba atau peralihan musim dari musim kemarau ke musim hujan pada bulan Oktober hingga Desember 2023. Sementara puncak musim hujan akan terjadi pada bulan Januari hingga Februari 2024.

Imbauan itu disampaikan Serma Suripan Babinsa Ds.Kaloran Koramil 15/Gemolong Kodim 0725/Sragen melaksanakan kegiatan Komsos dengan Bpk.Wiyono Dk.Krajan RT.06, pada masa pancaroba akan ada potensi terjadinya cuaca ekstrem. Oleh karena itu, Babinsa menghimbau masyarakat untuk waspada, senin ( 18/12/2023 ).

Lebih lanjut, Babinsa mewanti-wanti seluruh masyarakat Desa Kaloran untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem di masa pancaroba atau peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. 

Waspada dan kehati-hatian terhadap potensi cuaca ekstrem perlu ditingkatkan oleh masyarakat, mengingat dampak adanya peralihan musim ke pancaroba bisa menimbulkan banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, hingga jalan licin. 

“ Selain itu, penyakit juga rentan terjadi di masa pancaroba, seperti demam berdarah dengue (DBD), influenza/flu-pilek, nyeri sendi, chikungunya, asma, gangguan pencernaan “ tambah Suripan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *