Bela Negara Bagi Pelajar Akan Berbeda Dengan yang Lain. Lalu, Seperti Apa Bentuknya?

Kodim SragenBela Negara Bagi Pelajar Akan Berbeda Dengan yang Lain. Lalu, Seperti Apa Bentuknya?

Bela negara adalah tanggung jawab dan kewajiban seluruh masyarakat.  Semua lapisan masyarakat apapun profesinya harus mau membela negara agar keutuhan negara tetap terjaga dengan baik. Namun, setiap masyarakat bisa memiliki cara bela negara yang berbeda-beda, contohnya pelajar. Bentuk kesadaran bela negara bagi pelajar akan berbeda dengan yang lain.

Pagi ini, Peltu Suroso Batituud Koramil 06/ Gondang Kodim 0725/Sragen beserta 2 anggota Koramil 06/Gondang melaksanakan Bin Wanwil mengajar wawasan kebangsaan dan  bela negara bertempat di Mts Nurul huda Plosorejo Kel. Plosorejo Kec. Gondang,  Kamis ( 13/07/2023 )

Menurut Suroso, Bela negara sendiri adalah wujud dari sebuah sikap membela, menjaga dan juga memelihara negara sebagaimana yang sudah tercantum dalam UUD 1945. Salah satu pihak yang juga memiliki kewajiban untuk bela negara adalah pelajar. Pelajar sebagai generasi mudah harus ikut serta membela negara dengan caranya. 

Beberapa bentuk kesadaran bela negara bagi pelajar adalah Rajin belajar tidak hanya tugas seorang pelajar saja, melainkan juga salah satu bentuk bela negara. Alasannya karena dengan rajin belajar, maka pelajar Indonesia lainnya akan menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas sehingga kedepannya bisa memimpin Indonesia. Selain itu, rajin belajar juga bisa membantu dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Contoh bela negara bagi pelajar selanjutnya adalah dengan berkontribusi dalam berbagai kegiatan sosial. Biasanya sekolah akan mengadakan kegiatan sosial ketika ada bencana alam dan lainnya. Kegiatan sosial sangat bermanfaat karena membantu orang lain yang sedang terkena musibah. Cara ini bisa membantu meringankan beban mereka. Kegiatan sosial yang diikuti juga mengajari tentang empati dan rasa syukur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *