Bentuk Kesadaran Bela Negara Bagi Pelajar Akan Berbeda Dengan Yang Lain. Lalu, seperti apa bentuknya? Ini Kata Babinsa

Kodim SragenBentuk Kesadaran Bela Negara Bagi Pelajar Akan Berbeda Dengan Yang Lain. Lalu, seperti apa bentuknya? Ini Kata Babinsa


Pendidikan karakter siswa perlu dilakukan melalui berbagai kegiatan. Salah satunya melalui Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN).  Ini juga yang dilaksanakan Serda Eko Cipto Anggota Koramil 15/Gemolong Kodim 0725/Sragen melaksanakan pembinaan PPBN  kepada 167 Siswa/i dalam rangka pendidikan Ketarunaan angkatan Ke- IX SMK Sakti Gemolong, Senin ( 08/01/2024 )

Menurut Serda Eko, Bela negara merupakan cerminan dari sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berlandaskan pancasila dan undang undang dasar 1945. 

PPBN  sangat penting dan strategis sebagai pembinaan karakter siswa sekaligus  untuk menanamkan jiwa patriotisme dan cinta tanah air.

“Siswa merupakan bagian dari warga negara yang memiliki kewajiban untuk melakukan pembelaan negara sesuai dengan perannya,” ucapnya.

Pelajar sebagai generasi muda harus ikut serta membela negara dengan caranya. Salah satunya dengan Rajin Belajar. Rajin belajar tidak hanya tugas seorang pelajar saja, melainkan juga salah satu bentuk bela negara. 

“ Alasannya karena dengan rajin belajar, maka pelajar akan menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas sehingga kedepannya bisa memimpin Indonesia. Selain itu, rajin belajar juga bisa membantu dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia “ ungkap Eko.