Cegah Demam Berdarah Dengan Berantas Sarang Nyamuk

Kodim Sragen –  Cegah Demam Berdarah Dengan Berantas Sarang Nyamuk

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup serius dan dapat mengancam nyawa masyarakat. Penyakit DBD sendiri adalah penyakit yang diakibatkan oleh adanya gigitan nyamuk aedes Aegypti yang sangat identik dengan musim hujan di daerah tropis atau subtropis.

Hal ini dikarenakan genangan air yang ada pada lubang atau barang-barang bekas akibat hujan menjadi tempat berkembang biak nyamuk. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk melakukan berbagai pencegahan yang dapat menghambat atau menghentikan perkembang biakan nyamuk di sekitar lingkungan kita.

Hal tersebutlah yang mendorong Sertu Joko M Babinsa Kel.Plumbungan Koramil 02/Karamgmalang Kodim 0725/Sragen melaksanakan giat Bin Bhakti TNI pendampingan pemberantasan sarang nyamuk bersama Kader Jumantik di rumah warga KP Plumbungan indah Rt 31 Kelurahan Plumbungan Kecamatan Karangmalang, Senin ( 20/11/2023 )

Menurut  Sertu Joko, Peran aktif masyarakat sangat diperlukan untuk melakukan gerakan PSN melalui 3M, yakni Menguras tempat penampungan air, Menutup tempat-tempat penampungan air dan Mendaur ulang berbagai barang yang memiliki potensi untuk dijadikan tempat berkembang biak nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus DBD pada manusia.

“Kita mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan serta meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan DBD,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *