Forum Kesehatan Desa, Jadi Gerbang Komunikasi Efektif Babinsa Dengan Puskesmas

Kodim SragenForum Kesehatan Desa, Jadi Gerbang Komunikasi Efektif Babinsa Dengan Puskesmas 


Forum Kesehatan Desa/Kelurahan mengambil peran penting, untuk mengembangkan pembangunan kesehatan di tingkat desa atau kelurahan, mulai dari merencanakan, menetapkan, koordinasi sampai menggerakkan kegiatan, serta memantau pembangunan kesehatan di desa/kelurahan.

Babinsa Desa Sunggingan Koramil 16/Miri Kodim 0725/Sragen Serka Mukmin melaksanakan kegiatan komsos dengan Kader FKD (Forum Kesehatan Desa) bertempat di posyandu Muji Rahayu 01 Dk Bulaksari Rt 02 warga Bulaksari Rt 02 Ds Sunggingan  Kec.Miri, Rabu ( 03/05/2023 ).

Menurut Serka Mukmin FKD bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Fungsi FKD adalah mengembangkan sistem kesehatan desa yang meliputi kegiatan gotong royong masyarakat, upaya kesehatan, pengamatan dan pemantauan kesehatan (surveling), dan perencanaan pembiayan kesehatan, juga sebagai wadah untuk merumuskan dan memecahkan masalah kesehatan di desa.

Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah sharing informasi masalah dan program kesehatan serta anggaran kesehatan yang direncanakan oleh FKD masing – masing desa.

“ FKD merupakan mitra penting Babinsa dalam menyampaikan segala macam informasi kesehatan dari Puskesmas, karena FKD merupakan ujung tombak kemajuan kesehatan di masing – masing desa. Sehingga tujuan akhirnya diharapkan masyarakat hidup sehat dan mandiri : pungkas Mukmin.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *