Ikuti Sosialisasi Lima Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat, Ini Kata Eko Puh

Kodim SragenIkuti Sosialisasi Lima Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat, Ini  Kata Eko Puh

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.STBM yaitu menurunnya kejadian penyakit diare dan penyakit berbasis lingkungan lainnya yang berkaitan dengan sanitasi dan perilaku.

Hari ini Peltu Eko Puh mewakili Danramil Sidoharjo Kodim 0725/Sragen melaksanakan kegiatan Verifikasi Desa STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) 5 Pilar STBM Puskesmas Sidoharjo di Desa Duyungan Kec. Sidoharjo, Rabu  ( 06/12/2023 )

Sulitnya akses air bersih dan sanitasi yang buruk memicu munculnya penyakit berbasis lingkungan seperti diare kronik dan stunting. Pemerintah mencanangkan 5 pilar dalam program Sanitasi Total Berbasis Lingkungan (STBM) untuk mengurangi penyakit tersebut.

5 pilar itu, yakni berhenti buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengelolaan sampah rumah tangga, dan pengelolaan limbah cair rumah tangga.

 “Terkait dengan pendekatan keluarga, lima pilar ini adalah pendekatan untuk perubahan perilaku masyarakat. Tujuannya untuk menurunkan penyakit yang berbasis lingkungan. Termasuk juga stunting akibat diare kronik yang disebabkan kekurangan gizi, Dampaknya, pertumbuhan tubuh terganggu,” kata  Eko Puh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *