Kodim Sragen Bersih-bersih Pasar Bunder dan Tanam Pohon di Pulau Sepatu

Kodim SragenKodim Sragen Bersih-bersih Pasar Bunder dan Tanam Pohon di Pulau Sepatu

Kodim 0725/Sragen melaksanakan kegiatan karya bakti, membersihkan Pasar Bunder Sragen, Selasa (5/12).

Karya bakti pembersihan pasar dilakukan bersama-sama dengan berbagai ormas, seperti FKPPI, perguruan silat, paguyuban becak, paguyuban jasa gendong dan warga Pasar Bunder.

Dandim Sragen Letkol Inf Yoga Yastinanda turun langsung memimpin karya bakti tersebut.

Kegiatan juga dihadiri Asisten Sekda, Tugiyono, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Cosmas Edwi Yunanto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rina Wijaya, Danramil 01/Sragen Kapten Cpm Sayana, Lurah Pasar Bunder Sugino.

Letkol Inf Yoga Yastinanda mengatakan, seluruh jajaran Kodim seluruh Indonesia, tidak terkecuali Kodim 0725/Sragen melaksanakan kegiatan karya bakti.

“Karya bakti ini dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana banjir dan wabah penyakit jelang musim penghujan,” kata Dandim.

Ada tiga sasaran dalam kegiatan Karya Bakti Kodim 02725/Sragen. Yakni bersih-bersih Pasar Bunder, Selasa (5/12), lalu pembersihan selokan di perkampungan padat penduduk Dukuh Ngampunan, Desa Kebonromo, Kecamatan Ngrampal, Rabu (6/12) dan penanaman pohon di pulau sepatu wilayah Kecamatan Sambungmacan.

Dandim berharap ketiga kegiatan tersebut bisa mencegah atau mengeliminir banjir dan longsor maupun penyebaran penyakit serta meningkatkan keindahan dan kebersihan.

“Seperti kita ketahui, sekarang masuk musim penghujan, sehingga pasar menjadi kotor dan becek, petugas kebersihan pasar yang terbatas tentu kewalahan, untuk itu TNI hadir untuk membantu pembersihan,” tandasnya.

Asisten Sekda Tugiyono, mewakili Bupati Sragen mengapresiasi kegiatan Kodim Sragen. Kegiatan itu jelas sangat membantu kebersihan Pasar Bunder sebagai pusat perekonomian.

“Ini adalah kegiatan yang sangat positif, Pemkab Sragen sepenuhnya mendukung dan siap membantu dalam pelaksanaan. Bupati sudah perintahkan dinas terkait untuk membantu diantaranya Camat Kota, Kepala DLH, Kepala BPBD, Kadiskumindag dan lurah pasar,” kata Tugiyono.

Hal senada dikemukakan Sugino selaku Lurah pasar Bunder. Menurut dia, pada musim hujan seperti sekarang, banyak sampah berserakan yang menyebabkan lalat berkerumun dan akhirnya menimbulkan bau.

“Petugas kami cukup kewalahan menghadapi situasi ini, sehingga saya mewakili warga pasar mengucapkan terimakasih kepada Dandim Sragen yang telah membantu pembersihan dan mengedukasi masyarakat agar membuang sampah ditempatnya, karena bersih itu indah” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *