Lomba Catur, Cara Kodim Sragen Meriahkan HUT TNI

Kodim SragenLomba Catur, Cara Kodim Sragen Meriahkan HUT TNI

Dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT TNI ke-78 dan HUT Kodam IV/Diponegoro Ke-73, Kodim 0725/Sragen menggelar serangkaian lomba lomba dan Kegiatan, diantaranya lomba catur antar anggota di aula guyub rukun Makodim Sragen. Ada 44 pemain yang mendaftar pada lomba tersebut.

Dandim 0725/Sragen mengatakan bahwa dalam menyambut dan memeriahkan HUT TNI ke-78 dan HUT Kodam IV/Diponegoro ke-73, Kodim Sragen menggelar berbagai perlombaan dan kegiatan, salah satunya adalah lomba catur yang diselenggarakan hari ini. Sabtu, 09/09/2023.

“Catur adalah permainan yang kompetitif, permainan catur mengasah otak manusia dalam hal pemecahan masalah, pengendalian diri, kecepatan memproses informasi, dan kemampuan memprediksi peluang, tujuan utama permainan ini adalah menaklukkan lawan dengan memakan raja atau memaksa lawan untuk menyerah, setiap langkah harus dipertimbangkan, sehingga taktik permainan ini mirip dengan strategi militer untuk mengalahkan musuh”

“Saat bermain, peserta dituntut untuk terampil mengantisipasi gerakan lawan selanjutnya, Pemain juga harus cerdik mengambil keputusan tindakan yang akan diambil dan memahami perspektif lawan main” tambah Dandim.

Serka Sumartana salah satu peserta lomba dari Koramil Karangmalang mengaku senang dengan adanya perlombaan catur ini, baginya catur adalah permainan yang sangat digemarinya dari kecil.

“Saat ini sangat susah mencari orang yang bisa bermain catur, saya berharap permainan ini bisa dikenalkan dan diajarkan kepada anak anak remaja agar tidak punah” ungkapnya.

Setelah bertanding selama lebih dari 5 jam dengan 6 babak penyisihan, akhirnya keluar sebagai juara 1 yakni Serka Sumartana dan juara 2 Kapten Arh Sugeng Riyanto Danramil Sumberlawang. Hadiah akan diberikan pada saat selesai upacara HUT TNI 05 Oktober 2023. ( Hendro )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *