Menurut Serda Dwi Menguras Bak Mandi Paling Efektif Cegah DBD

Kodim SragenMenurut Serda Dwi Menguras Bak Mandi Paling Efektif Cegah DBD

Program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan 3 M (Menutup, Mengubur dan Menguras), mungkin telah banyak dilakukan masyarakat. Namun, menguras bak mandi paling efektif mencegah berkembangbiaknya nyamuk pembawa virus DBD atau Aedes Aegypti.

Seperti disampaikan Serda Dwi Nurmawoko Babinsa Desa Puro Koramil 02/Karangmalang Kodim 0725/Sragen saat ngobrol santai bersama Bpk.Wiyono Dk. Puro Desa Puro Kec. Karangmalang, Senin ( 18/12/2023 )

“Telur nyamuk itu bersifat lengket, menempel dan tahan kering sampai 6 bulan. Jadi kalau cuma ganti air pada bak kamar mandi, jentik nyamuk biasanya bertelur pada dindingnya. Untuk itu harus rajin mengurasnya,” kata Serda Dwi.

Dwi mengatakan, nyamuk demam berdarah senang bersarang pada semua genangan air. Dia bahkan bisa menyimpan telurnya pada 102 cc air.

“Segala macam produk plastik, gelas, botol bisa menjadi tempat berkembang biak nyamuk Aedes Aegypti. Usahakan lingkungan tempat tinggal kering karena nyamuk ini bisa berkembangbiak di air sedikit,” katanya.

Dia menambahkan, idealnya, sebelum membangun rumah seseorang harus tahu proses pembangunannya apakah bisa menimbulkan genangan air atau tidak. Begitupun dengan hiasan tanaman di sekitar rumah. “Secara teori gampang tapi praktiknya enggak semua orang bisa karena mereka beli rumah sudah jadi, kecuali kalau renovasi,” jelas Babinsa 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *