Musim Kemarau Tiba, Babinsa Himbau Warga Tidak Bakar Lahan

 Kodim Sragen –  Musim Kemarau Tiba, Babinsa Himbau Warga Tidak Bakar Lahan

Memasuki musim kemarau biasanya rawan terjadi kebakaran. Untuk menghindari hal tersebut, Sertu Sriyatno Babinsa Ds Purworejo Koramil 15/Gemolong Kodim 0725/Sragen saat melaksanakan Komsos Dengan warga di  Dk Purworejo Kecamatan Gemolong, Rabu ( 05/07/2023 ).

Dalam komsosnya Babinsa menjelaskan bahwa salah satu bentuk antisipasi, pembakaran lahan yang saat ini sering dilakukan oleh oknum masyarakat ketika membuka kebun, yang mana oleh oknum masyarakat dianggap lebih mudah/cepat dan hasilnya lebih maksimal dalam bercocok tanam. 

Hal tersebut yang mendorong, Babinsa aktif melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) tentang larangan membakar hutan dan lahan (Karhutla) kepada warga Binaannya. 

“Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan warga tidak membuka lahan pertanian dengan cara dibakar serta apabila di lapangan ditemukan adanya oknum masyarakat yang berupaya melakukan pembakaran lahan agar dilakukan pencegahan atau segera dilaporkan kepada pihak terkait,” ujar Babinsa.

“Kami akan terus mengadakan himbauan kepada masyarakat, sehingga masyarakat bisa memahami resiko membakar lahan,” tutup Babinsa. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *