Pancaroba, Serka Supriyanto Imbau Masyarakat Waspadai Beberapa Penyakit

Kodim SragenPancaroba, Serka Supriyanto Imbau Masyarakat Waspadai Beberapa Penyakit

Kabupaten Sragen saat ini sudah mulai memasuki musim peralihan. Untuk itu, Serka Supriyanto Babinsa Desa Jurangjero Koramil 02/Kara ngmalang Kodim 0725/Sragen melaksanakan giat Komsos  dengan warga binaan di  Dk. Pucung  Ds. Jurangjero, Kamis ( 23/11/2023 )

“Memasuki masa peralihan dari kemarau ke musim hujan, kami mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan dan kondisi tubuh. Biasanya di masa ini memang daya tahan tubuh agak menurun, maka harus benar-benar dijaga kesehatannya,” ujar Supri sapaan akrabnya.

Seperti diketahui, masa pancaroba merupakan kondisi transisi atau pergantian dari musim satu ke musim lainnya, yaitu terjadi di antara musim kemarau dan musim penghujan. Kondisi ini ditandai dengan cuaca yang tidak menentu, seperti angin yang bertiup sangat kencang dan diikuti curah hujan yang relatif tinggi.

“Ada beberapa ancaman penyakit di masa pancaroba, mulai dari diare, demam berdarah, flu, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan sebagainya. Setiap tahunnya masa pancaroba pasti terjadi,” kata Supri.

Supri lanjutnya, masyarakat harus mulai menjaga kondisi. Hal ini karena akan banyak penyakit yang menyerang di masa pancaroba ini. 

“Karena banyak genangan setelah hujan, maka penyakit yang sering terjadi yakni diare dan leptospirosis. Ini biasanya karena sanitasi yang kotor,” jelasnya.

Selanjutnya, Demam Berdarah Dengue (DBD) juga harus diantisipasi, karena saat hujan akan banyak air menggenang di kolam dan pot-pot. Tentunya masyarakat juga harus rajin membersihkan genangan air untuk mencegah penyakit-penyakit itu,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *