Pangku, Cara Babinsa Tenangkan Siswa Saat Vaksin MR dan HPV

Kodim Sragen – Pangku,Cara Babinsa Tenangkan Siswa Saat Vaksin MR dan HPV


BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) merupakan kegiatan imunisasi lanjutan dengan sasaran anak sekolah. Pagi ini Serma Jumarno Babinsa Ds.Ngebung Koramil 18/Kalijambe Dim 0725/Sragen melaksanakan pendampingan Kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) jenis MR dan HPV bersama Puskesmas Kalijambe di SDN 1 Ngebung Ds.Ngebung Kec.Kalijambe, Senin ( 05/09/2023 )

Menurut Serma Jumarno Imunisasi atau Pemberian vaksin ini supaya mendapatkan kekebalan atau perlindungan dari penyakit infeksi serta mencegah penyakit Campak dalam jangka panjang. Semua siswa kelas I yang berjumlah semuanya 29 mengikuti vaksin MR (vaksin campak dan rubella), kecuali yang pada hari tersebut sedang sakit yaitu berjumlah 3 anak, siswa yang tidak mengikuti akan melaksanakan secara susulan terjadwal dari puskesmas.

Sementara itu, pemberian vaksin HPV (human papillomavirus) diikuti oleh peserta didik putri kelas V yang berjumlah 16 anak, namun satu siswi tidak bisa mengikuti karena sakit pula. Kegiatan imunisasi baik MR ataupun HPV dilaksanakan di kelas masing oleh 2 petugas dari puskesmas Ngebung. Program vaksin HPV memiliki fungsi untuk mencegah infeksi virus HPV atau secara umumnya penyakit menular seksual (PMS).

Sebelum petugas memulai imunisasi Babinsa Serma Jumarno memberikan motivasi agar anak – anak berani imunisasi, Babinsa pun menjelaskan singkat pentingnya imunisasi. Jumarno juga membantu dalam pendampingan bias, karena terkadang ada siswa yang takut dengan jarum suntik.

“Semua harus berani diimunisasi demi kesehatan kalian, dengan lantaran ini Insya Allah akan memiliki kekebalan tubuh, jadi jangan takut, rasanya hanya seperti digigit semut,” terang Jumarno.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *