Peran PPL Penting Untuk Mendorong Kemajuan Petani

Kodim SragenPeran PPL Penting Untuk Mendorong Kemajuan Petani

Peran tenaga Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) sangat menentukan untuk mendorong kemajuan dan kemandirian kelompok tani. Hal itu dikatakan Sertu Aris Widodo Babinsa Tunggul  anggota Koramil 06/Gondang Kodim 0725/Sragen melaksanakan komsos  dengan PPL  dan Kelompok Tani Dk. Tunggul RT 12 Desa Tunggul Kec.Gondang, Kamis ( 28/12/2023 ).

Menurut Babinsa, PPL kedepan diharapkan harus menjadi seorang menejer yang berperan sebagai inisiator, fasilitator, motivator, organisator, dinamisator dan agen perubahan bagi kelompok tani yang dibinanya. 

“PPL harus dapat mengelola sumber daya yang dimiliki oleh kelompok tani sehingga mampu meningkatkan kemampuan produktivitas tanaman, efisiensi dan tentunya keuntungan yang diperoleh petani. 

Untuk itu, menurutnya PPL juga harus dapat memberikan contoh bagaimana cara bercocok tanam dengan paket teknologi yang tepat yang dapat menghasilkan produksi tanaman yang maksimal. Selain itu, PPL diharapkan dapat membentuk demplot – demplot untuk percontohan petani sekaligus sebagai sumber pendapatan tambahan bagi PPL. 

“Keberhasilan satu kelompok tani merupakan salah satu indikator keberhasilan kinerja dari seorang PPL,” ujar Aris.

Lebih lanjut disampaikannya salah satu kunci utama keberhasilan pembangunan pertanian adalah terkait dengan sumber daya manusia khususnya petani selaku pelaku usaha pertanian. 

Pada daerah – daerah yang maju pertaniannya, umumnya terdapat kelompok – kelompok tani yang memiliki dedikasi, semangat dan kemampuan yang luar biasa dalam memajukan pertanian diwilayahnya. 

“Kelompok tani bukan hanya sebagai tempat atau wadah berkumpulnya petani – petani disuatu wilayah, namun lebih dari itu bahwa kelompok tani harus dijadikan sebagai wadah untuk belajar, berbagi pengalaman, saling bantu membantu dan saling mendorong untuk kemajuan anggotanya dengan tujuan utama bagaimana dapat menghasilkan produksi pertanian yang tinggi dan pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan petani dan keluarganya,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *