Posyandu Lansia, Jaga Kesehatan dan Buat Lansia Makin Lincah

Kodim SragenPosyandu Lansia, Jaga Kesehatan dan Buat Lansia Makin Lincah

Posyandu lansia merupakan suatu wadah untuk memberikan pelayanan kesehatan dan pembinaan kepada kelompok usia lanjut di suatu wilayah dengan melibatkan peran serta aktif masyarakat melalui kader kesehatan dan kerjasama lintas program dan lintas sektor dalam rangka untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat pada umumnya dan kususnya kelompok usia lanjut.

Kamis ( 23/11/2023) Sertu Giyanto Babinsa Ds.Krikilan Koramil 18/Kalijambe Kodim 0725/Sragen melaksanakan Pendampingan kegiatan Posbindu & pos lansia dengan kegiatan senam germas, tensi, pengecekan mata & pengobatan gratis di Posyandu Sari Sakti V Dk.Sangiran Rt.12 Ds.Krikilan Kec.Kalijambe.

Sertu Giyanto mengatakan, Usia yang makin bertambah tak dimungkiri membuat kesehatan cenderung menurun. Berbagai studi menyebutkan bahwa usia merupakan salah satu faktor risiko penyakit tidak menular.

Ada beberapa penyakit yang kerap diderita lansia. Misalnya diabetes melitus yang meningkat 5,7% pada kelompok usia 55-64 tahun dan hipertensi meningkat 32,5%. Penyakit sendi juga meningkat, selain itu risiko obesitas, jantung, stroke, dan gagal ginjal kronis juga naik.

Giyanto mengungkapkan bahwa lansia kebanyakan memiliki gangguan metabolik seperti diabetes, hipertensi, dan gangguan fungsi gerak seperti osteoarthritis.

Menurutnya, pemeriksaan dasar untuk lansia perlu dilakukan dan secara umum meliputi Pemeriksaan darah untuk menjaga keseimbangan metabolik (gula darah, kolesterol, asam urat, vitamin D), pertimbangkan pemeriksaan jantung dan paru bila ada keluhan sebelumnya, konsultasi (dengan ahli) gizi dan kedokteran olahraga dapat dipertimbangkan juga, kata Giyanto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *