Program Penurunan Stunting, Apa Susahnya?

Kodim SragenProgram Penurunan Stunting, Apa Susahnya? 

Stunting adalah gangguan perkembangan pada anak yang disebabkan gizi buruk, terserang infeksi yang berulang, maupun stimulasi psikososial yang tidak memadai. Seorang anak didefinisikan sebagai stunting jika tinggi badan menurut usianya lebih dari dua standar deviasi, di bawah ketetapan Standar Pertumbuhan Anak WHO.

Untuk itu Serma Wakidi Bati Komsos Koramil 02/ Karangmalang mewakili Danramil 02/ Karangmalang Kodim 0725/Sragen menghadiri lokakarya mini penurunan Stunting Lintas Sektor Tribulan  Kec Karangmalang Tahun 2023 bertempat di RM Ragil Resto Kecamatan Karangmalang, Kamis ( 25/05/2023 )

Menurut dr. Yoessy Nurmiyanto Ka UPTD Puskesmas Karangmalang bahwa penyebab stunting menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) ada dua, yakni faktor lingkungan dan genetik. Lingkungan adalah aspek penting yang masih dapat diintervensi sehingga perawakan pendek atau stunting dapat diatasi. 

Faktor lingkungan yang berperan dalam menyebabkan perawakan pendek antara lain status gizi ibu, pola pemberian makan kepada anak, kebersihan lingkungan, dan angka kejadian infeksi pada anak. Selain disebabkan oleh lingkungan, stunting dapat disebabkan oleh faktor genetik dan hormonal. Namun sebagian besar stunting disebabkan oleh kekurangan gizi.

Sudah menjadi pengetahuan umum, bahwa masa usia anak-anak di bawah lima tahun adalah masa-masa keemasan (golden age) bagi pertumbuhan anak. Pada masa tersebut anak-anak akan menyerapkan informasi dari lingkungan sekitarnya dan akan terekam lama dalam memorinya. 

“ Hal ini akan menentukan pola pikir dan perilakunya dimasa yang akan datang. Sehingga pada masa tersebut sangat penting untuk diberikan asupan nutrisi yang cukup serta stimulus atau rangsangan komunikasi, dan perilaku yang benar dari lingkungannya terutama orang tua dan keluarganya “ ucap dr Yoessy. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *