Wakil Bupati Sragen; TMMD merawat kebersamaan dan gotong royong

 Kodim SragenWakil Bupati Sragen; TMMD merawat kebersamaan dan gotong royong 

Kodim 0725/Sragen menggelar upacara guna menandai dibukanya program TMMD sengkuyung tahap 2 tahun 2023 di Ds. Kedawung Kec. Mondokan. Rabu, 12/07/2023.

TNI Manunggal Membangun Desa atau disingkat TMMD merupakan Operasi Bhakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral bersama Kementerian/LPNK, Pemerintah Daerah dan komponen masyarakat sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan di daerah-daerah. 

Dalam amanatnya Wakil Bupati Sragen H. Suroto mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI khususnya Kodim 0725/Sragen yang setiap tahun rutin menyelenggarakan kegiatan TMMD dengan totalitas dan semangat penuh, bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Sragen dalam hal pembangunan di berbagai wilayah Kabupaten Sragen.

TMMD merupakan bagian dari cara kita merawat dan mengikat kebersamaan serta kegotong – royongan untuk mengatasi persoalan – persoalan yang dihadapi oleh masyarakat sekaligus wujud semangat yang sejalan dengan konsep pembangunan Kabupaten Sragen “Sesarengan Mbangun Bumi Sukowati”. 

Sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan  Rakyat, serta Pemerintah Daerah melalui TMMD seperti inilah, yang kemudian menjadi suatu kekuatan luar biasa, untuk kita bersama dapat mewujudkan kemajuan Kabupaten Sragen. TMMD memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan pemerataan pembangunan khususnya infrastruktur di Kabupaten Sragen.  

Khusus untuk kegiatan fisik, mari niatkan membangun untuk diri, keluarga dan saudara kita.Selain terasa ringan, juga pasti akan memberikan yang terbaik dalam setiap prosesnya. Dikerjakan bersama dari awal hingga akhir, mengerti alur prosesnya semoga menumbuhkan rasa memiliki khususnya dari warga sehingga bisa dimanfaatkan dan dirawat sebaik mungkin.

Layaknya membangun tempat tinggal sendiri, semoga infrastruktur nantinya dikerjakan sebaik mungkin, tepat guna, manfaat dan menambah kenyamanan sekaligus memperlancar mobilitas warga. 

TMMD ini bisa jadi kesempatan para pemuda untuk memberikan sumbangsih terbaiknya dalam pembangunan fisik dan non fisik yang langsung terasa manfaatnya untuk wilayah. 

Dalam pembangunan, kami tidak pernah menggunakan istilah Desa tertinggal, melainkan Desa yang perlu mendapatkan akselerasi pembangunan agar sejajar dengan Desa lainya yang mendapatkan prioritas serta hak sama dalam merasakan dan menikmati proses pembangunan di Kabupaten Sragen.

Maka, hari ini  dengan dimulainya TMMD sengkuyung tahap II tahun 2023 ini, Insyaa Allah pembangunan infrastruktur dan SDM yang akan dilakukan jajaran TNI, Pemerintah dan masyarakat selama kurang lebih 30 hari ke depan diharapkan dapat ikut mendorong roda sosial ekonomi masyarakat khususnya di wilayah Desa Kedawung Kecamatan Mondokan dan dengan adanya kegiatan ini dapat menjadikan kita lebih semangat lagi, lebih optimis menata Kabupaten Sragen ke depan lebih baik dan semakin hebat. 

Dandim 0725/Sragen Letkol Inf Yoga Yastinanda mengatakan bahwa sasaran TMMD tidak jauh beda dengan daerah lainnya “Ada 2 Sasaran pada TMMD di Ds. Kedawung ini yakni Sasaran fisik diantaranya adalah Cor jalan sepanjang 563m dengan spesifikasi Cor lebar 3m dan tebal 12cm, rehab rumah tidak layak huni 6 unit dan Jamban sehat sebanyak 8 unit”

“Sedangkan, sasaran non fisik berupa penyuluhan Wasbang & Bela Negara dari Kodim Sragen, penyuluhan Binkamtibmas & Bahaya Narkoba dari Polres Sragen, penyuluhan stunting menggunakan metode Algae, KB Kes dan Penyakit Tidak Menular dari Dinas Kesehatan Sragen, penyuluhan pembinaan rohani agama Islam dari Kemenag Sragen, penyuluhan Pertanian & Perkebunan dari Dinas Pertanian Sragen dan penyuluhan peternakan dari Disnakkan Sragen” papar Dandim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *