Waspada Hewan Ternak Mati Mendadak, Babinsa : Jangan Konsumsi Dagingnya

Kodim SragenWaspada Hewan Ternak Mati Mendadak, Babinsa :  Jangan Konsumsi Dagingnya

Masyarakat diminta untuk melakukan pemeriksaan hewan ternak sapi dan kambing yang mati mendadak. Hal tersebut disampaikan, Sertu Heriyanto Babinsa Ds.Tegalombo Koramil 18/Kalijambe Kodim 0725/Sragen saat melaksanakan Komsos dengan Warga di Dk.Tegalmulyo Ds.Tegalombo Kec.Kalijambe Karena banyak munculnya isu penyakit antraks, Rabu ( 13/09/2023 )

“Penyakit tersebut sudah ada dari tahun 1.700-an, antraks menyerang hewan herbivora seperti kambing dan sapi. Ini karena memang perubahan iklim dan bisa meloncat ke manusia,” kata Sertu Heriyanto.

Heriyanto  mengatakan ada protokol kesehatan (prokes) yang harus diterapkan pada penyakit yang kini dapat menyerang manusia. Prokes tersebut yakni dengan tidak mengkonsumsi daging hewan ternak sapi dan kambing yang mati mendadak tanpa dilakukan pemeriksaan. 

Kalau sapi atau kambinya mati maka diperiksa dulu ke balai penelitian untuk memastikan. Jangan langsung dikonsumsi apalagi dibagi kepada tetangga-tetanggganya,” ucap Heriyanto.

Lebih lanjut, Babinsa mengatakan bahwa penyakit antraks akan menular ke manusia saat dikonsumsi. Selain itu, penyakit antraks ini juga dapat menularkan kepada hewan lain. 

“Misal sapi yang terinfeksi antraks kemudian buang kotoran di rumput dan rumputnya dimakan hewen lain. Maka hewan tersebut dapat tertular,” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *