Wujudkan Balita Bebas Dari Polio, Babinsa Dampingi Nakes Pemberian Vaksin

Kodim SragenWujudkan Balita Bebas Dari Polio, Babinsa Dampingi Nakes Pemberian Vaksin 

Sub PIN Polio adalah pemberian vaksin Polio tetes pada anak usia 0-7 tahun (8 tahun kurang 1 hari) untuk melindungi anak dari penyakit Polio. Sub PIN Polio dilaksanakan selama 2 kali putaran yaitu tanggal 15-21 Januari 2024 dan putaran kedua tanggal 19-25 Februari 2024.

Pagi ini Koptu Ngadiyono babinsa desa Genengduwur  Koramil 15/Gemolong Kodim 0725/Sragen mendampingi Giat Sub Pin Polio / Pekan imunisasi anak Polio Sasaran 174 Anak di Balai Desa Genengduwur, Senin ( 15/01/2025 ).

“Sub PIN putaran satu pada 15 Januari kemudian putaran dua 19 Februari 2024, dengan interval satu bulan. Kami akan menyasar anak usia 0-7 tahun tanpa memandang status imunisasi sebelumnya, sekalipun imunisasi anak itu sudah lengkap,” kata Dr.Nurliana dari Puskesmas Gemolong.

Dr. Nurliana berharap orang tua yang memiliki bayi dan balita ikut berpartisipasi dan memberikan imunisasi polio kepada anak mereka. Ia juga meminta kepada tenaga kesehatan untuk berperan aktif serta mengajak masyarakat tentang pentingnya imunisasi polio. 

Sebagai informasi, vaksin yang akan diberikan adalah nOPV2 atau vaksin polio dengan Novel Oral Polio Vaksin tipe 2. Vaksin baru nOPV2, menjadi upaya untuk menanggulangi KLB polio, terutama pada kasus polio tipe dua yang bermutasi (VDPV2). 

Vaksin tersebut merupakan vaksin polio generasi terbaru yang telah digunakan untuk meredam kasus KLB cVDPV2 di 21 negara. Di samping itu, pihaknya akan terus memperkuat pelaksanaan kegiatan surveilans lumpuh layu akut dan surveilans polio lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *