Babinsa Kampanyekan Hemat Air, Kesiapsiagaan Hadapi Ancaman Kekeringan

Kodim SragenBabinsa Kampanyekan  Hemat Air, Kesiapsiagaan Hadapi Ancaman Kekeringan

Pada musim Kemarau, sebagian wilayah di Indonesia yang mengalami kekeringan selalu kesulitan air. Jumlah wilayah yang menderita kekeringan dari tahun ketahun terlihat semakin meningkat dan meluas.

Kondisi ini tidak hanya menyebabkan sulitnya mendapatkan air untuk irigasi persawahan namun yang lebih penting juga menyebabkan kesulitan bagi penduduk dalam mendapatkan air bersih untuk keperluan hidup sehari-hari.

Hal tst yang mendorong Serda Ochsed Wiranto Babinsa Glonggong anggota Koramil 06 /Gondang Kodim 0725/Sragen menghimbau warga  di dukuh Ngundakan RT 01 Desa Glonggong  Kec. Gondang untuk pandai – pandai menghemat penggunaan air di dukuh Ngundakan RT 01 Desa Glonggong  Kec. Gondang,Jum’at ( 03/11/2023 ).

Menurut Ochsed, Banyak orang  mencuci  peralatan makan  yang kotor sambil membuka keran air. Untuk menghemat air di rumah, hentikan kebiasaan ini.  Cukup nyalakan air saat cucian perlu dibilas. Matikan keran air saat cucian sedang disabuni. Selain itu jangan selalu menggunakan mangkok baru setiap kali akan minum atau ngemil, imbaunya.

“ Cara menghemat air bersih selanjutnya adalah membuat penampungan untuk air hujan. Air ini bisa digunakan untuk menyirami tanaman di rumah. Bisa juga untuk mencuci peralatan di luar rumah “ tambahnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *