Babinsa Monitoring Tanaman Padi Petani IR 32, Ini Kelemahannya

Kodim SragenBabinsa Monitoring Tanaman Padi Petani IR 32, Ini Kelemahannya

Varietas atau jenis padi IR 32 di kalangan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) tergolong varietas lama yang bisa disebut sudah usang, karena kini sudah ada varietas baru pengganti IR 32 yaitu Inpari, Ciherang dan sebagainya. 

Namun petani di Desa Pilangsari, masih menggandrungi tanaman padi varietas IR 32. Salah satu alasannya sebagaimana disebut Kadman, 63 karena varietas IR 32 itu termasuk jenis padi yang tahan terhadap gangguan hama wereng. Selain itu hasil panen IR 32 cukup bagus.

Siang ini, Serma Surasno Babinsa Desa Pilangsari Koramil 07/ Ngrampal Kodim 0725/Sragen melaksanakan Giat Bin Tahwil pengecekan perkembangan tanaman padi milik Bapak Suranto jenis IR 32 di dk. Gerdu Rt 04 Desa Pilangsari Kecamatan Ngrampal, Rabu ( 15/11/2023 ).

Dikatakan, varietas IR 32 juga memiliki kelemahan yaitu mudah rebah. Terutama jika bulir padi setengah bulan hendak dipanen. Tanaman padi jenis IR 32 itu jika tertiup angin mudah rebah atau roboh. Dampak rebahnya tanaman padi jelang panen ini terkadang menurunkan kualitas gabah. “Kualitas gabahnya bisa turun karena warna gabah kehitam-hitaman alias tidak kuning mulus,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *