Menghidupkan Semangat Kebersamaan dan Disiplin dengan Baris-berbaris

Kodim SragenMenghidupkan Semangat Kebersamaan dan Disiplin dengan Baris-berbaris 

Untuk membentuk karakter siswa supaya dapat  disiplin, konsentrasi, penuh semangat, dan memiliki dedikasi tinggi, sehingga kedepannya dapat membawa perubahan yang lebih baik bagi mental generasi muda di daerah ini, seperti yang terapkan pada Siswa SMK Negeri 1 Sambirejo, mereka dibekali pengetahuan baris-berbaris. 

Serka Joko Sanjoyo Babinsa Desa Sambirejo Kodim 0725/Sragen mengatakan, latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) merupakan suatu wujud latihan fisik guna menanamkan disiplin, tanggung jawab serta membentuk sikap dan perilaku siswa.

“Usulan saya kepada Kepala sekolah kemarin alhamdulillah didukung, untuk melakukan pembinaan PBB. Karena ini penting, jika anak sudah dasar paham dengan PBB maka anak akan tertib dan kedepannya mereka bisa ikut berbagai kegiatan seperti paskibraka, jadi harus kita bangun dari tingkat dasar,” kata Serka Joko.

Menurut Joko, Selain aspek kebersamaan dan disiplin, baris berbaris juga memberikan manfaat kesehatan dan kebugaran. Aktivitas ini melibatkan gerakan tubuh secara teratur, sehingga memberikan latihan fisik yang bermanfaat. Mengikuti irama dan pola gerakan dalam baris berbaris membantu meningkatkan koordinasi, kelenturan, dan kekuatan otot. Selain itu, dengan berpartisipasi dalam baris berbaris, seseorang juga dapat mengembangkan stamina dan daya tahan tubuh. Kebugaran fisik yang diperoleh dari baris berbaris berkontribusi pada kesehatan secara keseluruhan.

Pelatihan yang diberikan diantaranya berlatih gerakan gerakan seperti istirahat, hadap kiri, hadap kanan, balik kanan, hormat, lancang kanan, serta lancang depan, jalan ditempat serta gerak jalan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *