Mental dan Karakter Digembleng Lewat Pendidikan Ketarunaan

Kodim Sragen –  Mental dan Karakter Digembleng Lewat Pendidikan Ketarunaan

SMK Binawiyata  sebagai sekolah yang dipercaya oleh masyarakat untuk mendidik dan membentuk sikap dan kepribadian generasi bangsa yang baik, merasa sangat bertanggung jawab untuk selalu mengupayakan dengan berbagai cara dan strategi, untuk mewujudkan sumber daya manusia Indonesia di masa mendatang untuk dapat berperan seperti semestinya.

Sebagai salah satu cara dan strategi untuk mendidik dan membentuk sikap dan kepribadian generasi bangsa yang baik, Serka Sumartana dan 2 orang anggota Koramil 02 /Karangmalang Kodim 0725/Sragen melaksanakan kegiatan Binwanwil melatih ketarunaan Siswa SMK Binawiyata bertempat di Lapangan Kel. Kroyo Kec. Karangmalang, Rabu ( 22/11/2023 ).

Menurut Serka Sumartana, Ketarunaan merupakan suatu sistem pendidikan yang menerapkan prinsip militer dengan tujuan membentuk karakter peserta didik, akan tetapi penerapan prinsip bukanlah prinsip murni militer akan tetapi dasar taruna (kegiatan pelatihan-pelatihan) yang digunakan dalam militer. 

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat terbentuk sikap disiplin dan tanggung jawab yang ditanamkan pada siswa yang akan membuat mental mereka kuat dalam menghadapi dunia kerja. Serta sikap sikap positif lainnya yang dibutuhkan dunia kerja.

“ Kegiatan yang dilaksanakan, dirancang sedemikian rupa untuk membangun karakter siswa yang mandiri, disiplin, bertanggung jawab dan berkarakter pemimpin yang sesuai dengan nilai-nilai profil pelajar Pancasila “  tamdasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *