Peran Pemuda Masa Kini, Ini Penjelasan Babinsa Sambirembe

Kodim SragenPeran Pemuda Masa Kini, Ini Penjelasan Babinsa Sambirembe

Selain menjadi agen perubahan, peran pemuda juga sebagai agen pembangunan yang mana pemuda Indonesia memiliki peran dan tanggung jawab dalam upaya melancarkan atau melaksanakan berbagai macam pembangunan di berbagai macam bidang, baik pembangunan secara nasional maupun pembangunan daerah.

Sertu Masruri Babinsa Desa Sambirembe Koramil 18/Kalijambe Kodim 0725/Sragen melaksanakan Komsos dengan di Dukuh Wonosari RT 02 Desa Sambirembe Kecamatan Kalijambe, Selasa ( 09/05/2023 )

Menurut Sertu Masruri, Peran pemuda sangat sering dikaitkan dengan kemajuan suatu bangsa. Bahkan di Indonesia, peran pemuda  dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sudah tidak diragukan lagi. Hal ini bahkan sudah terjadi sejak masa perjuangan sejarah kemerdekaan Indonesia. 

Deklarasi Sumpah Pemuda , merupakan salah satu bukti bahwa pemuda Indonesia memilki peran penting  dalam perjuangan bangsa. Lahirnya sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 menjadi tonggak utama dalam sejarah pergerakan   pemuda seluruh Indonesia dalam semangat kemerdekaan Indonesia.

“ Pemuda adalah aset bangsa yang sangat mahal dan tidak ternilai harganya. Pemuda adalah tonggak  bagi kemajuan  dan pembangunan bangsa. Generasi muda menjadi komponen penting  yang perlu dilibatkan dalam pembangunan sebuah bangsa “ ucap Babinsa. 

Hal ini dikarenakan generasi muda  memiliki fisik yang  kuat, pengetahuan  yang baru, inovatif  dan juga  memiliki  tingkat kreatifitas  yang tinggi. Tanpa adanya peran pemuda sebuah bangsa  akan sulit  mengalami perubahan.

“ Peran yang selanjutnya adalah  menjadi agen pembaharuan bangsa artinya pemuda harus memiliki kemampuan dalam menganalisis perubahan zaman sehingga dapat memilih mana yang memang perlu untuk dirubah dan juga mana yang seharusnya dipertahankan “ pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *