Terus Pelihara Budaya Gotong Royong Babinsa Bantu Warga

Kodim SragenTerus Pelihara Budaya Gotong Royong Babinsa Bantu Warga


Gotong-royong menjadi salah satu ciri khas bangsa Indonesia yang telah ada sejak dahulu kala. Gotong-royong sudah dianggap sebagai kepribadian dan budaya yang telah mengakar dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

Di masyarakat suku Jawa, salah satu kegiatan gotong-royong yang masih nampak hingga saat ini adalah saat membangun rumah warga. Seperti terlihat saat  Serka Supriyanto Babinsa Desa Jurangjero Koramil 02/Karangmalang Kodim 0725/Sragen membantu   membangun rumah  Dk.purworejo  Ds. Jurangjero Kec. Karangmalang, Senin ( 25/09/2023 )

“ Gotong-royong dilakukan dengan menurunkan genteng satu persatu secara estafet baru kemudian membongkar bagian lainnya. Untuk gotong-royong seperti ini tidak ada upah yang diberikan karena semua dilakukan dengan suka rela. Saat gotong-royong dilakukan, pemilik rumah hanya perlu menyediakan minuman dan makanan untuk warga yang sudah membantu membongkar rumah “ ucap Babinsa.

Budaya gotong royong perlu dipelihara dan dikembangkan sebagai kekuatan masyarakat, sebagai landasan semangat membangun bangsa, serta menjadi modal sosial dalam menghadapi tantangan masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *