Peran Posyandu Lansia Ikut Jaga Kualitas Hidup Lansia

Kodim SragenPeran Posyandu Lansia Ikut Jaga Kualitas Hidup Lansia

Posyandu tidak hanya penting bagi balita maupun ibu hamil. Lansia juga membutuhkan posyandu untuk memantau kesehatan mereka. Selama ini kebanyakan masyarakat berpikir bahwa posyandu hanya penting bagi balita maupun ibu hamil. Karena menurut mereka balita dan ibu hamil lah yang harus diperhatikan mengenai perkembangan dan status kesehatannya.

Namun tidaklah demikian, proses penuaan akan berdampak pada berbagai aspek kehidupan. Ditinjau dari aspek kesehatan pertambahan usia, maka lansia akan semakin rentan terhadap berbagai keluhan fisik dan psikis. Untuk itu Sertu Suryadi Babinsa Jetiskarangpung Koramil 18/kalijambe Kodim 0725/Sragen melaksanakan pendampingan Posyandu lansia bertempat di Baldes Jetiskarangpung Ds. Jetiskarangpung Kec.Kalijambe, Rabu ( 25/10/2023 )

Menurut Sertu Suryadi, Untuk itu pemerintah telah menyediakan layanan kesehatan bagi lansia berupa posyandu lansia untuk memperhatikan  status kesehatan para lansia.  Posyandu lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di suatu wilayah tertentu, yang sudah disepakati dan digerakkan oleh masyarakat di mana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan.

“ Peserta posyandu lansia termasuk kelompok pra usia lanjut (45-59 tahun), kelompok usia lanjut (60 tahun ke atas), dan kelompok usia lanjut dengan risiko tinggi (70 tahun ke atas) “ ucap Babinsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *