Untuk Mengetahui Tingkat Kesehatan Warganya Babinsa Jurangjero Kunjungi Pustu

Kodim Sragen –  Untuk Mengetahui Tingkat Kesehatan Warganya Babinsa Jurangjero Kunjungi Pustu

Puskesmas Pembantu ( Pustu ) sangat berperan penting dalam meningkatkan pelayanan kesehatan yang merata, seperti pusat pembangunan berwawasan kesehatan, pusat pemberdayaan keluarga dan masyarakat, pusat pelayanan kesehatan strata pertama yang meliputi pelayanan kesehatan perorangan (private goods) dan pelayanan kesehatan.

Untuk memantau  kesehatan masyarakat di  wilayah binaan, Serka Supriyanto  Babinsa Ds Jurangjero Koramil 02/Karangmalang Kodim 0725/Sragen melaksanakan komsos dengan Ibu  Irma selaku binwil Ds. Jurangjero  Kec Karangmalang, Rabu ( 18/10/2023 ).

Menurut Supriyanto, Puskesmas Pembantu memiliki peran krusial dalam mendukung dan melaksanakan berbagai kegiatan di wilayah kerjanya serta meningkatkan akses pelayanan dasar. Fungsinya mencakup dukungan terhadap pelayanan kesehatan yang melibatkan Unit Kesehatan Masyarakat (UKM), pelaksanaan program seperti Posyandu, Imunisasi, Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), penyuluhan kesehatan, serta kegiatan surveilans dan pemberdayaan masyarakat. Selain itu, Puskesmas Pembantu berperan penting dalam memberikan layanan rujukan serta pelayanan yang bersifat preventif dan promotif.

“ Di Pustu, terdapat petugas kesehatan yang berkomitmen untuk memberikan pemeriksaan medis, pengobatan ringan, dan penyuluhan kesehatan kepada warga sekitar. Meskipun mungkin terbatas dalam fasilitas dan tenaga medis “ ujar Supriyanto.

“ Pustu juga berperan strategis dalam memberikan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat di wilayah pedesaan “ Jelasnya lagi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *