Upaya Pelajar SMP IT Az Zahra Untuk Bela Negara

Kodim SragenUpaya Pelajar SMP IT Az Zahra Untuk Bela Negara

Bela negara bukan hanya tanggung jawab atau kewajiban pihak tertentu saja, namun menjadi tanggung jawab seluruh rakyat Indonesia. Bela negara merupakan sikap dan tindakan warga negara yang teratur serta menyeluruh, Bela negara dilandaskan pada sikap cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, dan rela berkorban untuk menghilangkan segala bentuk ancaman dari tanah air.

Upaya bela negara bisa dilakukan setiap masyarakat Indonesia, yang mana disesuaikan dengan profesi individu. Salah satu contohnya pelajar. Itupun dilakukan Sertu Supar Babinsa Desa Tangkil Koramil 01/Sragen melaksanakan giat Binwanmil di SMP IT Az Zahra  Sragen, Selasa ( 29/08/2023 )

Upaya yang dapat dilakukan pelajar dalam rangka mendukung upaya bela negara adalah: Mengikuti dan mempelajari pendidikan kewarganegaraan Pelajar bisa melakukan upaya bela negara dengan mengikuti pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, yang diselenggarakan di setiap sekolah. 

Yang kedua menaati semua tata tertib sekolah,  Kebiasaan menaati tata tertib di sekolah akan berbuah baik ketika hidup di lingkungan masyarakat. Karena kebiasaan ini akan membuat seluruh masyarakat patuh serta taat kepada hukum dan bukannya melanggar peraturan yang telah dibuat.

“ Rajin belajar juga termasuk upaya bela negara, karena para pelajar Indonesia akan menjadi generasi penerus bangsa yang suatu saat nanti akan memimpin Indonesia. Selain itu, rajin belajar juga dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia “ jelas Supar

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *