Menghidupkan Semangat Kebersamaan dan Disiplin dengan Baris-berbaris

Kodim Sragen –  Menghidupkan Semangat Kebersamaan dan Disiplin dengan Baris-berbaris 

Salah satu manfaat utama dari baris berbaris adalah pembangunan disiplin. Dalam baris berbaris, setiap individu harus mengikuti instruksi dengan tepat waktu dan mengikuti tata tertib yang ditetapkan. Disiplin ini membantu melatih kesadaran diri, mengontrol emosi, dan mengikuti perintah dengan patuh. 

Pagi ini, Serma Nanang Setiawan Babinsa Desa Jambeyan anggota Koramil 08/Sambirejo Kodim 0725/Sragen melaksanakan Giat Wanwil  baris berbaris terhadap SMP 3 Satu Atap Sambirejo di Ds. Jambeyan, Kamis ( 24/08/2023 ).

Dalam prosesnya, peserta belajar untuk memahami pentingnya menghargai otoritas dan mengikuti aturan yang ada. Kedisiplinan yang ditanamkan dalam baris berbaris akan berdampak positif dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam pendidikan, pekerjaan, maupun dalam kehidupan sosial.

Selain itu, baris berbaris juga mengembangkan kerjasama dan rasa kebersamaan. Dalam setiap barisan, setiap individu harus menyadari keberadaan dan gerakan orang di sebelahnya. Kerjasama dan koordinasi yang baik sangat penting agar barisan dapat bergerak secara seragam dan sinkron. 

Selain membentuk mental dan karakter anak agar semakin baik dan kuat. Disamping itu latihan ini juga dapat meningkatkan solidaritas, kekompakan dan kebersamaan dan tentu mengajarkan ilmu kedisiplinan. 

“Pelatihan PBB (Peraturan Baris Berbaris) sebagai wujud latihan fisik guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan yang diarahkan kepada terbentuknya sikap dan perilaku seseorang agar memiliki disiplin yang tinggi,” ujar Serma Nanang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *